Cyber Stone

 
Keajaiban Dunia
BALI TOUR
Translator
BALI VILLAS
Cyber Stone
kosonk
Time
Welcome to Cyber Stone
Anjing Shih Tzu
Selasa, 30 September 2008

Shih Tzu, berasal dari Asia khususnya Tibet dan China. Dulu banyak dipelihara bangsawan dan raja-ratu jaman itu, namun sekarang penyebaran telah mendunia mulai dari Asia, Australia, Amerika, Eropa, bahkan Afrika sekalipun. juga dikenal dengan sebutan shih tzu si anjing singa (lion dog) karena penampilan yang berambut lebat dan panjang seperti singa. merupakan hasil kawin silang antara beberapa trah pendahulu, diantaranya Pekingese, Lhasa Apso, Chow-chow dan beberapa jenis lain. Sehingga setelah berpuluh-puluh tahun generasi mengalami persilangan tersebut, akhirnya lahir sebagai trah shih tzu yang murni dan kemudian diakui Kennel Klub secara internasional sejak tahun 1936.

Pada dasarnya merupakan jenis anjing rumahan yang menemani dan menghibur sang majikan. bukan jenis anjing pemburu, penarik, pekerja, atau petarung.. Kadang sedikit menggonggong pada seseorang asing, tapi juga akan ramah dengan mereka setelah tahu bahwa mereka tidak menyakiti. Beberapa orang membahagiakan dengan menyediakan boks tidur atau tumpukan koran yang sungguh membuat nyaman.
Mengenai perawatan, tidak baik membiarkan lepas di pelataran seharian. Periode mandi satu minggu sekali akan sangat baik dan butuhkan untuk mejaga rambut dan kulit tetap bersih dan segar. Sebelum mandi, harus disisir baik-baik, dengan teliti jangan biarkan ada rambut kusut atau terjalin-jalin tertinggal. Mandikan dengan shampo dan kondisioner yang baik, jangan menggunakan sikat atau menggosok-gosok rambut seperti mencuci baju. Mandikan dengan elusan-elusan satu arah agar rambut tidak kusut. Kemudian membutuhkan pengering rambut (blow-dry), tetapi jangan biarkan angin terlalu panas atau dingin. Jika majikan tidak mau membiarkan rambut terlalu panjang menjuntai, mereka dapat memotong pendek dengan gunting atau clipper. Atau mereka membawa pada salon/groomer agar mereka membentuk potongan dengan model yang lebih menarik, salah satunya puppy-cuts. Shih Tzu merupakan anjing yang cukup cerdas, menyukai sesuatu yang baru, dan akan dengan mudah mempelajarinya.
Selayaknya anjing trah lain-nya, tidak rewel soal makanan. Akan menjadi awal yang sangat baik jika majikan memberi makanan anjing khusus (dog food) kering ditambah air minum segar pada botol yang selalu digantung setiap saat.
Perkembangbiakkan/breeding boleh dilakukan setelah berusia 12 bulan, dan sebaiknya dilakukan dengan jenis shih tzu juga. Breeding merupakan kreatifitas pembiak dalam melakukan persilangan yang mengacu pada genetik, kesesuaian, dan garis darah/bloodline agar generasi penerus lebih baik. Dengan ketekunan, pembiak akan dapat menghasilkan kualitas yang semakin meningkat dari waktu ke waktu. Hal ini sangat diperhatikan oleh breeder-breeder spesialis.

Standarisasi:
Secara keseluruhan, tubuh Shih Tzu dipenuhi rambut panjang menjuntai sampai lantai yang mana menunjukan keaslian sebagai trah murni. Temperamen sedikit arogan namun penuh cinta kasih dan pandai. Ukuran tubuh, ideal-nya berkisar antara 23-27 cm disesuaikan dengan tipe masing-masing. Memiliki beberapa tipe, tipe Australia yang memiliki badan sedikit lebih panjang dan kaki agak pendek, rambut kadang sedikit berombak, Australia memiliki tulang-tulang yang kasar dan besar sangat ideal untuk menyokong tubuh yang rata-rata besar. Sedangkan tipe Amerika, badan lebih pendek (terkadang tampak bujur sangkar dari samping), ukuran lebih kecil dengan tulang-tulang yang tidak terlampau kasar, tipe rambut cenderung lurus dan halus. Tipe Eropa sedikit menyerupai Australia, namun struktur dan ukuran tulang lebih besar dan padat. Mengenai rambut dan warna, pada shih tzu tidak dikenai aturan corak warna. Semua warna diterima, mulai dari solid gold, solid black, solid red, gold-white, red-white, grey-white, black-white ataupun particolor sekalipun tidak akan disalahkan. Namun, harus memiliki pigmen warna yang benar, pada hidung dan lingkar mata diwajibkan hitam (tidak kecoklat-coklatan apalagi merah/pink) Rambut seharusnya panjang lurus menjuntai sampai lantai, kadang sedikit bergelombang namun tidak keriting. Letak ekor sesuai dengan badan, jatuh tepat di tengah punggung, tinggi namun tidak melingkar. Rambut dikepala seharusnya diikat/topknot ditambah dengan pita akan lebih menarik. Ujung-ujung rambut yang sudah terlalu panjang di sekitar kaki sabaiknya digunting rapi agar tidak mengganggu.
Struktur kepala harus bulat dan lebar dengan mata hitam yang bulat penuh berkesan gelap namun hangat, panjang moncong berkisar 2½cm sampai berhenti di depan hidung. Bibir depan mengatup rapi, dengan pigmen hitam yang pekat. Susunan giti biasa disebut undershoot yakni rahang bawah lebih maju daripada rahang atas, tapi gigi tidak diperkenankan keluar dari bibir ketika mulut mengatup. Jumlah gigi seri atas dan bawah yang tepat adalah masing-masing 6 buah (tidak terhitung taring). Telinga menjuntai kebawah, dipenuhi dengan rambut dan berkesan seperti mahkota. Leher harus disesuaikan dengan panjang badan dan ekor. Pembawaan leher yang tinggi berkesan anggun dan menarik.
Struktur badan dimulai dengan bahu yang tegak, dan kuat, dan berotot diikuti dengan dada depan yang lebar sehingga proporsi keseluruhannya dapat membiarkan kaki-kaki depan bergerak bebas. Kaki depan lurus dengan tulang yang besar dan kuat dengan ukuran tapak yang sesuai.
Kaki belakang harus kuat dan berotot dengan siku-siku yang baik dan sesuai dengan kaki depan, Saat bergerak, gaya berjalan/movement harus diperhatikan. Movement yang baik harus tenang seiring dengan pembawaan kepala dan ekor yang tinggi. Lemparan kaki depan dan belakang harus jauh dan lurus menunjukan kesesuain tubuhnya.

posted by Cyber-Stone @ 06.06  
0 Comments:
Posting Komentar
<< Home
 
<
My Profile

Name: Cyber-Stone
Home: Badung, Indonesia
About Me:
See my complete profile
Previous Post
Archives
Animals
Fish
Powered by

Free Google PageRank Checker Script

© 2006 Cyber Stone .site by arya arimbawa