Cyber Stone

 
Keajaiban Dunia
BALI TOUR
Translator
BALI VILLAS
Cyber Stone
kosonk
Time
Welcome to Cyber Stone
Ikan Mas Koki
Kamis, 25 September 2008

Ikan ini mas koki merupakan satu primadona ikan hias air tawar. Bentuk badannya yang gendut lucu, berjambul, dengan mata lebar serta sisik berwarna cerah, membuat ikan ini banyak dikoleksi pengemar ikan hias.

Ikan mas koki banyak dibudidayakan karena proses budidayanya tidak rumit. Salah satu lokasi budidaya ikan mas koki terdapat di Sumedang, Jawa Barat, yang dilakukan oleh para petani yang tergabung dalam kelompok peternak ikan hias kalapa ciung.

Di tempat ini budidaya ikan mas koki dilakukan oleh Pak Jajat, sejak tahun 2006 lalu. Budidaya di tempat ini dilakukan mulai dari pemijahan. Proses pemijahan dilakukan di akuarium khusus agar telur dapat menetas dengan baik.

Telur yang telah menetas menjadi larva dipindahkan ke akuarium ini. Larva yang telah berkembang menjadi anakan kemudian dipindahkan ke kolam pendederan. Di kolam ini terdapat anakan ikan koki yang berusia 2 minggu.

Ikan mas koki yang telah berusia dua bulan terlihat lucu dan menggemaskan. Seperti di kolam ini. Pembesaran ikan mas koki dilakukan di kolam sawah. Ikan dipelihara di jaring apung dengan diberi paranet, agar suhu kolam tidak terlalu panas.

Setiap jaring apung berisi sekitar 100 ekor ikan. Yang penting diperhatikan dalam memelihara ikan mas koki adalah air kolam harus bersih, berasal dari sumber mata air yang jernih.

Meskipun pemeliharaannya tidak sulit, namun ikan mas koki rentan terserang penyakit, diantaranya penyakit white spot. Terutama saat musim hujan. Setelah berusia dua bulan, barulah ikan koki dipasarkan.

Harganya bervariasi sesuai kualitas ikan. Ikan koki hasil budidaya disini dipasarkan ke seputar Jawa Barat. Peminatnya tidak pernah sepi, karena untuk ikan hias, harga ikan mas koki sangat terjangkau.
posted by Cyber-Stone @ 03.00  
0 Comments:
Posting Komentar
<< Home
 
<
My Profile

Name: Cyber-Stone
Home: Badung, Indonesia
About Me:
See my complete profile
Previous Post
Archives
Animals
Fish
Powered by

Free Google PageRank Checker Script

© 2006 Cyber Stone .site by arya arimbawa